Bebesaran Atau Murbei Tanaman Identitas Provinsi Sumatera Barat

DhanyInfo™ - Bebesaran atau murbei (Latin: Morus) yaitu sebuah genus yang terdiri dari 10–16 spesies pohon tertentu yang orisinil berasal dari kawasan panas sedang dan subtropis di Asia, Afrika dan Amerika. Mayoritas spesies orisinil berasal dari Asia. Salah satunya yang populer yaitu di desa Andaleh, kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, yang telah mencapai usia lebih dari 120 tahun.


Bebesaran tumbuh cukup cepat pada ketika masih muda, namun lalu tumbuh lambat dan tingginya jarang melebihi 10-15 m. Daun bebesaran merupakan daun sederhana berbentuk cuping dan menggergaji di bab tepi. Buah murbei merupakan buah beragam dengan panjang 2-3 cm, berwarna merah jikalau masih gampang dan ungu renta jikalau ranum, dan sanggup dimakan.

Bebesaran terutama populer alasannya yaitu dedaunannya dipakai sebagai masakan ulat sutra. Selain itu, andalas (Morus macroura), salah satu spesies bebesaran, sering dipakai kayunya untuk lantai rumah atau mebel alasannya yaitu berpengaruh dan keras.

0 Response to "Bebesaran Atau Murbei Tanaman Identitas Provinsi Sumatera Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel