Bunga Pukul Empat Tumbuhan Identitas Provinsi Lampung

DhanyInfo™ - Bunga pukul empat asal Amerika Selatan ini memiliki banyak warna, di antaranya merah, kuning, juga putih. Perbedaan warna antara satu dengan yang lain dilatar belakangi oleh gen, contohnya R= gen untuk bunga warna merah dan r = gen untuk bunga warna putih, jikalau keduanya disilangkana maka akan menghasilkan bunga warna merah muda.


Disebut sebagai bunga pukul empat alasannya yaitu biasanya mekar dikala pukul empat sore, hal itu dikarenakan adanya rangsangan cahaya, gerakan ini dinamakan dengan fotonasti. Tanaman ini termasuk dalam kelas Dicotyledones, yaitu kelas tumbuhan yang memiliki biji keping dua, memiliki kelopak dengan kelipatan 4 hingga 5, serta urat daunnya yang menjari. Selain sebagai tumbuhan hias, bunga ini berfungsi juga sebagai pembatas pagar. Kita sanggup menjumpainya di dataran rendah maupun perbukitan yang banyak menerima sinar matahari.

Bunga pukul empat selain indah, juga memiliki banyak manfaat bagi manusia. Kandungannya yang berupa betaxanthis, zat asam lemak serta zat asam minyak sanggup dipakai sebagai obat pelancar sirkulasi darahdan peluruh air seni (diuretik). Selain itu, bunga yang memiliki nama binomial ''mirabilis jalapa'' ini sanggup meredakan radang amandel, radang tenggorokan, batuk berdarah, kanker, watu ginjal, watu empedu, dan kencing manis. Salah satu di antara keuntungannya yang sangat penting bagi perempuan yaitu sanggup mengatasi keputihan, cukup rebus bunga pukul empat dengan kulit delima kering atau pengecap buaya, lalu minum. Meskipun banyak manfaatnya, perempuan hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya dan untuk perebusannya dihentikan memakai alat-alat yang terbuat dari besi.

Batang yang dimilikinya yaitu batang berair yang tingginya mencapai 20-80 cm. Kemudian daunnya berbentuk jantung yang berwarna hijau dengan panjang mencapai 2-11 cm dengan lebar 8 mm-7 cm. Pangkal daun membulat di mana ujungnya meruncing serta bertepi rata. Adapun tangkai daunnnya memiliki panjang 6mm-6 cm. Bunganya sendiri menyerupai terompet dan memiliki banyak warna menyerupai merah, putih dan lain-lain.

Buahnya yang keras berwarna hitam dan berbentuk bundar sanggup dibentuk sebagai bedak. Selain itu, tumbuhan ini juga memiliki umbi berwarna coklat kehitaman dengan isi berwarna putih dan berbentuk bundar memanjang dengan ukuran 7-9 cm berdiameter 2-5 cm.

0 Response to "Bunga Pukul Empat Tumbuhan Identitas Provinsi Lampung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel