Informasi Dan Keunikan Burung Hwa Mei

DhanyInfo™ - Hwa Mei atau Garrulax canorus, dari keluarga Passerine berasal dari Asia Timur. Nama Hwa Mei berasal dari bahasa China "Hua Mei", yang berarti "alis dicat", atau "alis berwarna". Di Indonesia terkenal dengan nama Hwa Mei, Wambi atau Wambe. Burung ini termasuk salah satu burung yang mempunyai bunyi yang "menggelegar" dan memekakkan telinga. Selain itu burung Hwa Mei ini juga mempunyai banyak variasi bunyi dengan lantunan dan pengulangan yang panjang, yang berdasarkan istilah penggemar burung sebagai "ngerol". Sedangkan bunyi pemanggil berupa bunyi sempritan panjang yang khas.



Habitat

Burung Hwameiini banyak tersebar di Asia , tepatnya di asia tenggara burung ini kini susah sekali untuk di dapatkan di karenakan burung ini sudah banyak berkurang habitatnya dan jikalau pun ada kini ini, niscaya burung tersebut sudah tua. Tidak hanya di indonesia burung ini di negara-negara lianya pun juga sudah jarang di temui juga.

Jenis

1. Leucodioptron canorum, dari China (Chinese Hwa Mei)

2. Leucodioptron taewanum, dari Taiwan (Taiwan Hwa Mei)

Perbedaan jantan dan betina

Perbedaan burung Hwa Mei jantan dan betina bisa didengar dari bunyi yang dikeluarkannya, Kalau burung jantan suaranya bervariasi dan terdengar keras sedangkan untuk burung betina hanya bersuara memanggil ' tcrrrrrrr...tcrrrrrrrr...tcrrrrrrrrrrr' .

Untuk badan jantan biasanya lebih gemuk dan besar dari burung betina serta warna alis matanya yang tajam dan tebal, sementara untuk burung betina biasanya warna keseluruhan tubuhnya terlihat kusam.

Makanan

Makanan utama Hwa Mei yakni serangga dan buah-buahan. Pemberian makanan embel-embel menyerupai jangkrik serta ulat hongkong setiap hari secukupnya dan sumbangan buah-buahan yang bervariasi menyerupai pisang dan pepaya akan bisa menciptakan burung ini berkicau lebih lantang dan nyaring.

Perawatan

Perawatan harian burung ini sama saja dengan burung burung bertipe fighter lainnya menyerupai Kacer, Tledekan dan Muray batu. Jangan menggantung 2 ekor burung yang sama secara berdekatan atau saling melihat alasannya yakni hal itu bisa besar lengan berkuasa pada mental dan juga kondisi si burung. Untuk EF (ekstra Fooding) bisa secara rutin diberikan Jangkrik, belalang dan buah-buahan segar. Pemilihan sangkar untuk burung Hwa Mei dianjurkan memakai sangkar berbentuk lingkaran ( jikalau dulu sangkar lingkaran yang mempunyai kunci berbentuk garpu sering disebut dengan sangkar hwamei ).

0 Response to "Informasi Dan Keunikan Burung Hwa Mei"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel