Mengenal Burung Samyong,Burung Berilmu Bersuara Emas

Apakah teman Burung kicau sudah tahu perihal burung yang satu ini? Yah namanya yaitu burung Samyong atau dalam bahasa inggris di sebut dengan Bare Throated Whistler, burung yang mempunyai nama latin Pachycephala Nudigula ini yaitu burung endemik orisinil dari Indonesia yang berada di tempat Nusa Tenggara, khususnya di wilayah pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat dan di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Orang orisinil sana menyebut burung ini dengan sebutan Gurigawa yang mempunyai arti burung arwah, alasannya di habitat aslinya mereka hanya mendengar bunyi kicau dari burung ini tanpa melihat wujud atau bentuk dari burung ini, alasannya keberadaan burung ini di ranting-ranting pohon yang sangat tinggi, sehingga burung tak kelihatan dan hanya suaranya yang sangat  keras yang hanya terdengar.

Burung ini pun juga di sebut dengan burung 1001 bunyi alasannya memang burung ini mempunyai variasi bunyi yang sangat banyak dan sangat pandai menirukan suara-suara burung ataupun bunyi lainnya.

Habitat burung yang mempunyai bunyi bagai petir ini hidup di pepohonan yang tingginya mencapai 10 meter dan berada di 1400 M di atas laut. Burung ini merupakan burung yang suka menyendiri dan mempunyai tempat kekuasaan (teritorial) yang daerahnya meliputi -+ 500 M.



Ciri-ciri Samyong Jantan:
  • Kepalanya berwarna hitam sampai lehernya.
  • Di bab leher depan tidak berbulu dan terlihat menyerupai kantong kulit yang berwarna merah, sehingga bisa menghasilkan bunyi yang super keras.
  • Sedangkan pada bab tubuhnya warna bulunya kuning kecoklatan/kehijauan.



Ciri-ciri Samyong Betina:

  • Bagian kepalanya berwarna abu-abu gelap.
  • Di bab leher depannya tidak mempunyai semacam kantong kulit menyerupai pada jantan.
  • Warna pada bab tubuhnya berwarna kuning kehijauan.

0 Response to "Mengenal Burung Samyong,Burung Berilmu Bersuara Emas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel