Cendana Tumbuhan Identitas Provinsi Nusa Tenggara Timur

DhanyInfo™ - Cendana, atau cendana wangi, merupakan pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya dipakai sebagai rempah-rempah, materi dupa, aromaterapi, adonan parfum, serta sangkur keris (warangka). Kayu yang baik sanggup menyimpan aromanya selama berabad-abad. Konon di Sri Lanka kayu ini dipakai untuk membalsam mayat putri-putri raja semenjak era ke-9. Di Indonesia, kayu ini banyak ditemukan di Nusa Tenggara Timur, khususnya di Pulau Timor, meskipun kini ditemukan pula di Pulau Jawa dan pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya.

Cendana yaitu tumbuhan benalu pada awal kehidupannya. Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya, alasannya yaitu perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya. Karena prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan.

Kayu cendana bau (Santalum album) kini sangat langka dan harganya sangat mahal. Kayu yang berasal dari kawasan Mysoram di India selatan biasanya dianggap yang paling elok kualitasnya. Di Indonesia, kayu cendana dari Timor juga sangat dihargai. Sebagai gantinya sejumlah pakar aromaterapi dan parfum memakai kayu cendana jenggi (Santalum spicatum). Kedua jenis kayu ini berbeda konsentrasi materi kimia yang dikandungnya, dan oleh alasannya yaitu itu kadar harumnya pun berbeda.

Kayu cendana dianggap sebagai obat alternatif untuk membawa orang lebih akrab kepada Tuhan. Minyak dasar kayu cendana, yang sangat mahal dalam bentuknya yang murni, dipakai terutama untuk penyembuhan cara Ayurveda, dan untuk menghilangkan rasa cemas.

Di Indonesia, kata "Cendana" sering dipakai oleh pers untuk menyebut sesuatu yang berkaitan dengan Soeharto, presiden R.I. yang kedua, dan orang-orang dekatnya. Alasannya alasannya yaitu rumah langsung Soeharto beserta beberapa anaknya terletak di Jalan Cendana, Jakarta Pusat.

Ditinjau dari bahasa Belanda (sandelhout) dan bahasa Inggrisnya (sandalwood), kayu cendana diyakini berasal dari NTT khususnya Pulau Sumba. Hal ini sanggup dilihat dari julukan Pulau Sumba, Sandalwood Island. Julukan ini dibawa turun temurun dari zaman penjajahan Jepang dan Belanda sampai sekarang.

0 Response to "Cendana Tumbuhan Identitas Provinsi Nusa Tenggara Timur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel