Mengenal Burung Cabai Jawa / Kemade / Ndas Kakak Jantan Dan Betina

Burung kecil ini memiliki sebutan yang banyak, antara lain ialah burung  cabai jawa, cabean, kemade, tongcit, emprit ndas kakak dan lain-lain, dalam bahasa inggris burung ini di sebut Scarlet Headed Flowerpecker.

Sosoknya sering terlihat di pekarangan rumah, hutan mangrove, di kebun, dan sangat menyukai pohon-pohon yang sedang berkembang atau berbunga ibarat pohon mangga, jambu, rambutan, kersen dan lain-lain. Daerah penyebarnnya pun cukup luas yakni di Jawa, Bali, Lombok, Kalimantan dan Sumatra.

Burung yang berukuran sekitar 8 cm ini memiliki nama latin Dicaeum Trochileum dan termasuk dalam keluarga Dicaeidae, bahwasanya keberadaannya memiliki peranan yang penting dalam sistem ekologi, karna ia sanggup membantu penyebaran biji-biji dari sisa buah-buahan yang telah ia makan, atau yang di sebut dengan Ornithokori (pohon/tanaman yang membutuhkan tunjangan dari burung untuk membuatkan biji-bijinya), ibarat flora benalu.

Di alam habitatnya burung ini memakan buah dari flora benalu, buah-buahan dan juga serangga-serangga yang berukuran kecil.

Kicauannya yang khas dengan tembakan crecetannya yang tajam dan rapat, menimbulkan burung ini marak di buru para penghoby , kebanyakan untuk  di jadikan sebagai burung master, apalagi harganya juga cukup terjangkau.

Untuk membedakan jenis kelaminnya pun tidak terlalu sulit untuk burung yang dewasa
Ciri-ciri Jantan:
Pada bulu penggalan kepala,leher dan punggung berwarna merah, tunggir / pangkal ekor juga  berwarna merah, sementara sayapnya berwarna gelap / hitam dan perutnya berwarna putih ke coklatan / ke abu-abuan.

Sedangkan betina:
Pada penggalan tunggir / pangkal ekor juga berwarna merah tetapi pada penggalan kepala sampai punggungnya berwarna coklat ke abu-abuan, untuk kurang lebihnya lihat gambar..






0 Response to "Mengenal Burung Cabai Jawa / Kemade / Ndas Kakak Jantan Dan Betina"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel