Mengenal Jenis-Jenis Hamster Peliharaan

DhanyInfo™ - Bagi anda yang sudah lingkaran akan membeli hamster, tetapi anda resah akan menentukan jenis hamster mana yang sebaiknya anda peliara dan anda juga belum mengenal jenis-jenis hamster dengan baik.

 Bagi anda yang sudah lingkaran akan membeli hamster Mengenal Jenis-Jenis Hamster Peliharaan


Hamster termasuk dalam ordo rodentia atau binatang pengerat, sehingga sanggup dikatagorikan kerabat tikus. Hamster ialah binatang malam, waktu siang di pergunakan untuk tidur dan istirahat sedangkan pada malam hari di pergunakan untuk main, mencari makan dan berkembang biak. Setiap hamster mempunyai kepribadian yang unik dan mempunyai sifat yang berbeda pula dengan setiap masing-masing hamster. Dari setiap jenis hamster ada sifat dan huruf khusus yang sanggup di tonjolkan. Ciri-ciri khusus inilah yang akan saya bahas, teori yang saya tulis di sini mungkin sedikit berbeda dengan kenyataan dan berbeda dengan pendapat orang lain. Ini hanya garis besar ciri-ciri dan sifat umum dari setiap jenis hamster yang ada di Indonesia.

Di Indonesia dikala ini terdapat  5 jenis hamster yang saya ketahui, yaitu:

1. Hamster Syrian
2. Hamster Campbell
3. Hamster Winter White
4. Hamster Roborovski
5. Hamster Hybrid



Jika anda menemukan penjual yang menjual jenis hamster di luar kelima jenis di atas, maka sanggup di pastikan penjual itu tidak tau apa-apa perihal hamster tersebut dan biasanya mereka membuat 'nama baru' versi masing-masing penjual.

nama latin: Critetinae mesocricetus auratus
Tidak suka menggigit
Ukuran dewasanya rata-rata mencapai 12-20 cm
masa kehamilan hamster syrian rata-rata 15-20 hari
batas umur rata-rata 1,5-3 tahun (bila dirawat dengan baik)
umur siap kawinnya relatif cepat (2-3bulan)
mudah dijinakkan
soliter (hidup menyendiri)

 Bagi anda yang sudah lingkaran akan membeli hamster Mengenal Jenis-Jenis Hamster Peliharaan


Hamster Syrian mempunyai sebutan lain yaitu 'hamster lokal' dan 'giant hamster'. Di sebut 'hamster lokal' sebab asalnya dari Indonesia tapi katanya sih karna di ternakan di Indonesia (padahal hamster lain juga di ternakan di Indonesia).



Di sebut 'giant hamster' sebab memang ukuran tubuhnya paling besar diantara jenis hamster lainnya yang ada di Indonesia. Kenyataannya di dunia ini ada jenis hamster yang paling besar dan bahkan menyandang nama resmi sebagai 'giant hamster' tetapi hamster jenis ini termaksud hamster liar dan tidak sanggup di pelihara oleh insan ataupun di perjualbelikan.



Kelebihan dari hamster syrian yaitu sebab hamster ini ukurannya besar dan gerakannya relatif lambat di banding dengan hamster jenis lain, gampang di pegang dan gampang di jinakan sehingga sangat cocok untuk anak-anak. Hamster syrian juga mempunyai banyak variasi warna, mulai dari yang polos hingga yang mempunyai banyak sekali corak warna. 

nama latin: Cricetinae phodopus sungorus campbell
suka menggigit
ukuran dewasanya rata-rata mencapai 9-15 cm
masa kehamilan hamster campbell rata-rata kurang dari 20 hari
batas umur rata-rata 2-2,5 tahun (bila dirawat dengan baik)
umur siap kawinnya relatif cepat (2-3bulan)
berkoloni (hidup berkelompok)

 Bagi anda yang sudah lingkaran akan membeli hamster Mengenal Jenis-Jenis Hamster Peliharaan


Hamster Campbell ialah hamster mini yang mempunyai paling banyak variasi warna dan tipe bulu, huruf yang menonjol dari hamster ini ialah sifatnya yang 'lebih berani' dibandingkan dengan jenis hamster yang lain. Untuk dikala ini hamster campbell masih menyandang sebutan sebagai 'hamster galak' sebab sering menggigit tangan kita, tapi saya yakin dengan perlakuan lembut dan perjuangan untuk menanamkan kepercayaan, hamster campbell ini sanggup menjadi jinak dan teman yang sangat menyenangkan.



Kelebihan hamster campbell ialah mempunyai banyak variasi warna dan tipe bulu sehingga anda sanggup menentukan banyak pilihan. Hamster ini terbilang berilmu untuk ukuran seekor hamster dan ada sedikit tantangan bagi anda untuk menjinakan hamster campbell yang selama ini dikenal galak.



Kekurangan hamster campbell ialah sebab banyaknya hamster campbell yang 'salah asuh' dan menjadi galak, tentu saja hamster ini tidak cocok untuk anak kecil dan orang yang tidak rela terkena gigitannya.
hamster ini sering diternakan secara massal sehingga kualitasnya banyak yang menurun, sama menyerupai hamster syrian.

nama latin: phodopus sungorus sungorus
pemalas
ada yang suka menggigit dan ada yang tidak
ukuran dewasanya rata-rata mencapai 9-12 cm
masa kehamilan hamster winter white rata-rata 15-21 hari
batas umur rata-rata 2-2,5 tahun (bila dirawat dengan baik)
umur siap kawin tergolong usang (4-5bulan)
berkoloni (hidup berkelompok)

 Bagi anda yang sudah lingkaran akan membeli hamster Mengenal Jenis-Jenis Hamster Peliharaan


Hamster winter white ini mempunyai penampilan yang menyerupai dengan hamster campbell, tetapi ada perbedaan ciri fisik dengan hamster campbell. Hamster winter white cukup umur ukurannya sedikit lebih kecil dibandingkan dengan hamster campbell dan umumnya hanya mempunyai 3 jenis variasi warna yaitu: normal, sapphire dan pearl. Karakter hamster jenis ini lebih hening dan banyak juga yang penakut, dan kalau jinak hamster ini bahagia memanjat ke tangan manusia.



Kelebihan hamster winter white ini yaitu lebih jinak dibanding dengan jenis hamster yang lain, dan hamster jenis ini sanggup berubah warna menjadi putih kalau ditempatkan di ruangan yang hambar dan kembali menjadi warna aslinya kalau ditempatkan di suhu yang normal Kekurangan hamster winter white ini yaitu lebih malas dibandingkan dengan hamster jenis yang lain dan lebih banyak mengabiskan waktunya untuk tidur daripada untuk bermain. Hamster winter white ini ada juga yang galak dan suka menggigit, untuk kasus menyerupai ini biasanya menggigit lebih keras daripada hamster campbell dan sering tidak mau melepaskan gigitannya, berbeda dengan hamster campbell yang biasa menggigit tapi kemudian eksklusif kabur.

nama latin: Cricetinae phodopus roborovskii
lincah dan suka berlari 
tidak menggigit
sulit untuk dijinakkan
ukuran dewasanya rata-rata mencapai 4-5 cm
masa kehamilan hamster roborovski rata-rata 20-30 hari
batas hidup rata-rata 2-4 tahun (bila dirawat dengan benar)
umur siap kawin tergolong usang (7-8bulan)
berkoloni (hidup berkelompok)

 Bagi anda yang sudah lingkaran akan membeli hamster Mengenal Jenis-Jenis Hamster Peliharaan


Hamster roborovski merupakan hamster yang paling kecil diantara jenis hamster lainnya. Hamster ini mempunyai gerakan yang paling lincah, suka berlari dan melompat dan cemderung lebih takut kepada insan dibanding dengan jenis yang lain. Hamster roborovski umumnya hanya mempunyai 2 variasi warna yaitu: normal dan white face (muka putih) dengan warna bulu kurang lebih sama yaitu punggung kekuningan dan serpihan perut putih.



Kelebihan hamster roborovski yaitu salah satu hamster yang paling digemari juga ukurannya yang paling kecil dan  mukanya yang paling berbeda dibanding dengan jenis hamster yang lain, lincah dan suka bermain. Kekurangan hamster roborovski yaitu sulit dipegang karna biasanya mereka melompat kalau berada di tangan manusia, terlalu kecil untuk di genggam dengan nyaman, sifatnya terlalu penakut

 Bagi anda yang sudah lingkaran akan membeli hamster Mengenal Jenis-Jenis Hamster Peliharaan


Yang dimaksud dengan hamster hybrid ialah hamster yang lahir dari hasil persilangan antara hamster campbell dengan hamster winter white. Hamster ini dilarang mengikuti show dan biasanya hanya beredar di kalangan hobits yang suka mengumpulkan jenis-jenis hamster. Saat ini di Indonesia sendiri hamster hybrid di jual dengan harga yang mahal sebab dianggap sulit di hasilkan, tapi ini hanya mitos. Jika anda mengetahui induk dari hamster hybrid ini, anda akan menerima menghasilkan hamster hybrid dengan mudah. 



Sekian dulu postingan hari ini,Semoga bermanfaat...Selamat merawat hamster.

0 Response to "Mengenal Jenis-Jenis Hamster Peliharaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel